Bentuk Pasar

 A.Pengertian Pasar

Pengertian pasar di golongkan menjadi pasar nyata (konkret) dan pasar tidak nyata (abstrak).Yang termasuk pasar nyata adalah pasar tradisosinal,karena kita menemukan kontak fisik antara penjual dan pembeli serta adanya transaksi jual-beli barang atau jasa.

Sementara pasar tidak nyata adalah pasar yang tidak harus melakukan pertemuan karena teknologi semakin maju.Seperti contohnya adalah online shop yang sekarang sedang marak di dunia maya.

Dilihat dari sisi permintaan dan penawaran,pasar dapat dibagi sebagai berikut:

Pasar dibagi 2:

Pasar nyata dan Pasar tidak nyata

Bentuk-bentuk pasar:

1.Dari sisi Penawaran:

Persaingan sempurna,persaingan monopolistik,oligopoli dan monopoli.

2.Dari sisi Permintaan:

Persaingan sempurna,persaingan monopsonistik,oligopsoni,monopsoni.

B.Pasar Persaingan Sempurna

Adalah pasar dimana terdapat banyak pembeli dan banyak penjual yang menjual barang yang sama, sehingga tidak ada pihak yang bisa mempengaruhi harga pasar.Akibatnya,penjual tidak bisa seenaknya menentukan harga. Karena ketidakmampuan menentukan harga pasar,kedua belah pihak disebut penerima harga (price taker).Dan juga Pembeli bisa bebas keluar masuk pasar .Pembeli juga bisa bebas memilih barang yang akan di belinya.

1.Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna:

 -Jumlah penjual dan pembelinya banyak.

-Produk yang di jual bersifat homogen.

-Pembeli bebas memilih produk.

-Penjual dan pembeli memiliki pengertian sempurna tentang pasar.

-Distribusi produk relatif lancar.

2.Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna

 -Karena biaya yang tidak terlalu tinggi, penjual bebas membuka dan bebas menutup usahanya.

-Barang yang tersedia di pasar banyak.

-Penjual dan pembeli mencapai kepuasan maksimal

3.Kelemahan Pasar Persaingan Sempurna

-Penjual tidak berani membuat harga seeenaknya sendiri, sehingga laba relatif kecil.

-Hanya ada dalam kondisi perekonomian ideal.

C.Pasar Persaingan Monopolistik

Adalah pasar yang didominasi oleh produk-produk yang telah ternama dan konsumen tidak bisa berpindah dari produk yang lain.Contoh pasar persaingan monopolistik adalah pasar novel,film dan kaset.

1.Ciri-Ciri Pasar Persaingan Monopolistik

-Terdapat penjual dan pembeli tetapi tidak sebanyak dalam pasar sempurna.

-Jumlah perusahaan sangat kecil dibanding dengan output total.

-Terdapat diferensiasi(pembeda produk)

-Produsen dapat mengendalikan hargadalam tingkat tertentu

-Tingkat kesulitan masuk pasar monopolistik lebih sulit daripada pasar sempurna.

-Terdapat persaingan yang ketat dalam kualitas dan iklan

2.Kelebihan Pasar Persaingan Monopolistik

-Penjual tidak sebanyak pasar sempurna

-Memacu kreativitas produsen

-Pembeli tidak mudah berpindah dari produk yang dipakai selama ini

3.Kelemahan Pasar Persaingan Monopolistik

-Biaya mahal untuk ke pasar monopolistik

-Persaingan sangat berat karena pasar didominasi produk-produk yang telah ternama.

D.Pasar Oligopoli

Adalah pasar yang masing-masing perusahaan memiliki ketergantungan.Oligopoli dapat didefinisikan sebagai kondisi di mana pasar hanya terdapat beberapa penjual yang saling bersaing dengan jumlah pembeli yang banyak. Contoh pasar Oligopoli adalah pasar motor,monil dan pembuatan pesawat terbang.

1.Ciri-Ciri Pasar Oligopoli

-Hanya ada beberapa perusahaan yang mendominasi pasar

-Ada produsen yang menawarkan barang serupa namun ada juga yang menawarkan fitur atau model yang berbeda

-Terdapat rintangan yang kuat untuk masuk ke pasar oligopoli karena investasinya sangat tinggi

-Persaingan melalui iklan sangat kuat

2.Kelebihan Pasar Oligopoli

-Terdapat sedikit penjual

-Jumlah penjual yang sedikit membuat penjual dapat mengendalikan harga

-Bila terjadi perang harga,konsumen akan diuntungkan

3.Kelemahan Pasar Oligopoli

-Terdapat rintangan yang kuat untuk masuk ke pasar oligopoli karena investasi tinggi

-Akan terjadi perang harga

-Produsen bisa melakukan kerja sama (kartel) yang pada akhirnya akan merugikan konsumen

E.Pasar Monopoli

Adalah Pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai perdangangan barang/jasa sehingga pembeli tidak bisa membeli substitusinya. Karena itu penjual bisa menetapkan harga dan dapat memperoleh keuntungan yang tinggi.

Ciri utama pasar monopoli adalah tertutupnya pintu masuk ke pasar sehingga pesaing tidak dapat bersaing dengan penguasa pasar.

1.Ciri-ciri pasar Monopoli

-Hanya ada satu penjual dan banyak pembeli

-Tidak ada perusahaan yang dapat membuat barang subtitusi yang sempurna

-Rintangan cukup kuat untuk masuk ke pasar monopoli

-Pembeli tidak punya pilihan lain dalam membeli barang

-Harga ditentukan oleh perusahaan

2.Kelebihan Pasar Monopoli

-Keuntungan penjual cukup tinggi

-Untuk produk yang menguasai hajat hidup biasanya diatur pemerintah.

3.Kelemahan Pasar Monopoli

-Pembeli tidak ada pilihan lain untuk membeli barang

-Keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan

-Terjadi eksploitasi pembeli.

Ada juga bentuk-bentuk pasar dari sisi permintaan.Dua pasar tersebut adalah monopsoni dan oligopsoni.

Monopsoni merupakan sebuah pasar dengan pembeli tunggal dan banyak penjual. Sementara pasar yang terdapat beberapa pembeli dan banyak penjual maka disebut pasar oligopsoni. Sedikitnya jumlah pembeli ini membuat para pembeli memiliki kekuasaan untuk mempengaruhi harga barang.

Contoh yang dapat diterapkan dalam pasar monopsoni dan oligopsoni adalah kasus peternak susu sapi di suatu daerah yang hanya menjual pada satu-satunya atau beberapa pabrik saja.Karena banyak pihak lain dapat membeli prosuk susu sapi para peternak, pada akhirnya pihak pembeli bisa berperan sebagai pihak yang mempengaruhi harga.


Sumber:Ekonomi SMA kelas X, Penulis:Tim Abdi Guru, Penerbit:Erlangga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s