Pasar Output Menurut Bentuknya

Pasar adalah tempat terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli. Fungsinya untuk: pembentukan nilai harga, tempat pendistribusian barang, dan  tempat bagi produsen untuk mempromosikan produknya.
Pasar Output adalah pasar yang memperjual belikan barang/jasa hasil perusahaan.
Jenis pasar output:

Menurut bentuknya, terdiri dari : 1. pasar persaingan sempurna, 2. pasar persaingan tak sempurna.
1. Pasar persaingan sempurna
Ciri-cirinya: barang yang dijual homogen, bebas keluar masuk pasar, penjual dan pembeli tahu kondisi pasar, faktor produksi berjalan bebas, tak ada campur tangan pemerintah.
2. Pasar persaingan tak sempurna
Bentuknya:

1. Monopoli: dipasar hanya ada satu penjual. Co: PLN
Ciri pasar monopoli:
A. Ada rintangan yang sulit dalam memasuki pasar.
B. penjual satu pembeli banyak,
C. keuntungan terpusat pada satu perusahaan.
 
Kebaikan pasar monopoli:
A. Untung penjual tinggi.
B. Produk yang menguasai hajat hidup orang diatur pemerintah.
Kelemahan monopoli:
A. Pembeli tidak punya pilihan lagi untuk membeli barang.
B. Terjadi eksploitasi pembeli.
2. Oligopoli: ada beberapa penjual dalam satu pasar. Co: AQUA, NESTLE, PRIMA sama-sama jual air mineral.

Ciri pasar oligopoli:
A. Barang yang dijual homogen/bisa juga tidak.
B. Ada halangan masuk yang cukup sulit untuk masuk ke pasar.
C. Adanya market leader dari salah satu penjual.
Keburukan pasar oligopoli:
A. Keuntungan terlalu besar bagi produsen dlm jangka waktu panjang.
B. Timbul inefisiensi produksi.

3. Monopolistik: sejumlah produsen dalam pasar menawarkan barang yang sama namun memiliki ciri khas. Co: perusahaan motor honda membuat motor yang irit. Sedangkan yamaha membuat motor yang bertenaga.

Ciri pasar monopolistik:
A. Barang yang dijual sama namun punya ciri khas.
B. Adanya keaktivan dalam promosi.
C. Keluar masuk pasar relatif mudah.

Kelebihan pasar monopolistik:
A. Penjual tak sebanyak pasar persaingan sempurna.
B. Produsen terpacu untuk berkreatifitas.

Kelemahan pasar monopolistik:
A. Biaya mahal untuk ke pasar monopolistik. Karena produsen perlu mengadakan riset untuk pengembangan produk.

B. Persaingan berat karena pasar dikuasai oleh pesaing ternama.

4. Monopsoni: pasar yang dikuasai seorang pembeli dengan penawaran dari banyak produsen. Co: penjualan perangkat kereta api di Indonesia. Perusahaan Kereta Api di Indonesia hanya ada satu yakni KAI, oleh karena itu, semua hasil produksi hanya akan dibeli oleh KAI.

 

Sumber :

EKONOMI,  Sri Nur Mulyani, Agus Mahfudz, Leni Permana, Pusat perbukuan departemen pendidikan nasional. (BSE).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s