Pasar Persaingan Sempurna

PENGERTIAN:

                Pasar persaingan sempurna (perfect competetion market) adalah pasar tempat kekuatan permintaan dan kekuatan penawaran dapat bergerak secara leluasa. Dalam pasar seperti ini, harga yang terbentuk benar-benar mencerminkan keinginan produsen dan konsumen. Permintaan mencerminkan keinginan konsumen, sementara penawaran mencerminkan keinginan produsen atau penjual.

CIRI PASAR PERSAINGAN SEMPURNA:

A.      Jumlah pembeli dan penjual banyak

Dalam pasar persaingan sempurna ini pembeli dan penjual berjumlah banyak. Artinya, jumlah pembeli dan jumlah penjual sedemikian besarnya, sehingga masing-masing pembeli dan penjual tidak mampu mempengaruhi harga pasar. Dengan demikian masing-masing pembeli dan penjual telah menerima tingkat harga yang terbentuk di pasar sebagai suatu datum atau pemberian yang tidak dapat diubah. Bagi pembeli, barang atau jasa yang ia beli sedemikian kecilnya dari keseluruhan jumlah pembelian masyarakat. Bagi penjual  pun berlaku hal yang sama sehingga bila penjual menurunkan harga ia akan rugi sendiri, sedangkan bila menaikkan harga, maka pembeli akan lari kepada penjual lainnya.

B.      Barang dan jasa yang diperjualbelikan bersifat homogen

Konsumen menganggap bahwa barang yang diperjualbelikan sama mutunya. Atau paling tidak, konsumen tidak dapat membedakan antara barang satu dengan lainnya. Dalam kenyataan, barang atau jasa yang benar-benar homogen itu tidak mungkin ada. Yang ada hanyalah barang atau jasa yang mendekati homogen, seperti beras Cianjur, duku Palembang, daging dan gula.

C.      Sumber produksi bebas bergerak

Sumber produksi, seperti bahan baku ataupun tenaga modal bebas yang bergerak, bebas perpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain, kemanapun yang menguntungkan. Tidak ada yang mrnghalangi baik kendara peraturan maupun kendala tekinik.

D.      Pembeli dan penjual mengetahui keadaan pasar

Pembeli dan penjual satu sama lain saling mengetahui dalam hal biaya, harga, mutu, waktu, dan tempat barang-barang yang diperjualbelikan.

E.       Pembeli dan penjual bebas keluar masuk pasar

Pembeli bebas mengambil keputusan untuk membeli atau tidak terhadap suatu barang atau jasa. Pemjual pun memiliki kebebasan entah untuk mendirikan atau membubarkan perusahaa, bebas masuk dan keluar dari jenis usaha tertentu. Hal ini tergantung pada kemungkinan ada tidaknya keuntungan yang akan diperoleh oleh penjual atau produsen.

F.       Bebas dari campur tangan pemerintah

Dalam pasar persaingan sempurna ini , tidak ada campur tangan pemerinrtah dalam menentukan harga. Akibatnya, harga barang atau jasa betul-betul terjadi sebagai akibat interaksi permintaan dan penawaran di pasar.

 

SUMBER:

Buku Pelajaran EKONOMI 1 untuk SMU kelas 1, Ritonga, dkk, Penerbit: Penerbit Erlangga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s